Senin, 25 Februari 2008

Pupuk organic


Pupuk Organik Terbaik Bagi Tanaman Hias


Suatu kebanggaan tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat menggunakan pupuk organic semakin tinggi, terlebih pengusaha tanaman hias. Komang Sajana misalnya, salah seorang pengusaha tanaman hias di Mataram tidak menampik jika di outletnya ia menyediakan berbagai jenis pupuk organic termasuk EM4 untuk tanaman khususnya tanaman hias dan media tanaman lainnya bagi konsumen yang membutuhkan.
Kepada para pelangannya ia selalu menyarankan untuk lebih baik menggunakan pupuk organik ketimbang pupuk kimia yang banyak menimbulkan efek samping. Karena bagaimanapaun juga, puopuk organik telah terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman hias maupun memperbaiki kualitas produksi Khusus di tyempat usaha tanaman hiasnya, terdapat berbagai jenis Kamboja Jepang (Adenium), yang memang sudah lama dilirik oleh para pencinta tanaman hias.
Namun masyarakat luaspun sudah tertarik dengan tanaman hias yang satu ini. Di Mataram, misalnya, Komang Sujana sejak tahun 2000 serius memelihara sekaligus membudidayakan kamboja Jepang. Ada banyak tanaman jenis Adenium ini seperti Arabicum, Obisum, Sukotranum. Semuanya berasal dari benua Afrika.
Untuk Adenium lokal, koleksi Sujana terbilang sangat bervariasi dan jmlahnya hampir 50. Seperti May Country, Poisedon, Eye Of The Storm, Marelyn, Bertha, Hugo dan lain-lain. Sujana memesan tanaman dari Godong Ijo Jawa, agen tanaman hias terbesar di Indonesia.
Secara rutin, ia memesan setiap bulan Rp 10 juta. Harga tanaman tergantung jenis dan style. Setiap pohon punya karakter. Seperti style natural, terbentuk alami, cabang kompak dan pongkol besar. Harganya bisa ratusan ribu bahkan jutaan. Tidak hanya kaum ibu-ibu yang menggemari tanaman hias jenis ini, namun dari para kolektor pencintan tanaman hias baik yang dari Mataram, Lombok maupun luar daerah banyak yang menyukai tanaman hias ini bahkan membeli dan memesannya jauh-jauh hari sebelumnya.

Tidak ada komentar: